Merintis Toko Online Impian

Mencoba satu usaha ke usaha lain, mulai dari kulakan sendiri, dropship, mlm, semuanya sudah dicoba, semuanya tidak ada yang benar-benar sukses, berhenti dalam hitungan bulan. Saya kadang bertanya, apa saya tidak bakat jualan ya, tetapi otak terus saja berputar, apa yang bisa saya jual dengan kemampuan sendiri, akhirnya saya menemukan jawabannya, setelah googling kesana kemari, merenung, mengamati, saya putuskan untuk mencoba usaha dengan membuat produk handmade.

Mengusung nama “Ludina Handmade” saya mencoba membuat produk boneka, tas, kaos dengan bahan utama yang ditonjolkan adalah kain batik dan sulaman tangan (hand embroidery) sebagai ciri khasnya. Saya merasakan kepuasan dan kebanggaan tersendiri ketika membuat dan melihat hasil jadinya. Pada malam hari lah pertualangan craft saya dimulai, ketika anak-anak tertidur, ditemani lampu dan keheningan malam, saya mendesign, menjahit, dan menghasilkan karya.

ludina

Produk sendiri, Toko Sendiri

Sebagai pemula dalam usaha handmade ini, saya pun berkeinginan memiliki toko sendiri untuk memajang produk sendiri. Toko online yang sedang saya rintis sekarang, saya mulai dengan yang gratisan, pertama membuat blog untuk menulis hal terkait produk saya, kedua membuat fanspage facebook, sebagai media untuk memperkenalkan secara luas lagi. Sampai tulisan ini diturunkan, saya sedang dalam persiapan untuk jualan perdana Cempol The fabric doll, tunggu tanggal mainnya.

Jika dari yang gratisan sudah membuahkan hasil yang lumayan, saya akan menggunakan keuntungan yang diperoleh untuk membuat toko online impian berbasis CMS (Content Management System). Pembeli tinggal klik barang yang diinginkan, otomatis ada perincian harga dan ongkos kirimnya, dan mengurangi stok yang ada. Penjual pun jadi dimudahkan dalam merekap hasil penjualan dan mengecek stok yang tersedia. Ada banyak pilihan CMS website seperti Openchart , Magento, Prestashop, Wp-Commerce, Virtue-mart. Dengan CMS tidak diperlukan pengetahuan lanjut untuk melakukan managemen konten. Semua telah ditangani oleh sistem dan pengguna tinggal menjalankannya. CMS yang merupakan open source sangat mudah diinstall. CMS ini mempunyai template yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk membangun website CMS ini diperlukan dana untuk biaya hosting dan domain.

Berproses dan Berusaha

Toko online impian yang saya bayangkan tidak berbeda jauh dengan toko craft online pada umumnya berisi produk sendiri, craft supply, tutorial. Sebutlah ilovekutchi.com, houseofdots.nl , keren abis dalam hal produk dan tampilan websitenya, tak bosan melihatnya berjam-jam, mupeng deh ama isi dan websitenya. Melihat toko online tersebut membuat saya termotivasi membuat produk yang lebih bagus lagi dan terus mengembangkan ide kreatif. Mereka besar tentunya berproses, saya pun akan berusaha sedikit demi sedikit untuk mewujudkan impian saya.

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.”Andrea Hirata, Sang Pemimpi

Aku sudah ikutan #LombaBlogTokoOnline bareng @AuraBatik @Kawanbuku @Stiletto_Book @RedCarra. Kamu?

Lomba-Blog-1

16 responses to “Merintis Toko Online Impian

  1. keren ! semoga menang ya !

  2. semoga terwujud ya mba 🙂 referensi toko online impiannya lucu2 🙂

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina…
    Wah ! Hebat sekali impiannya. Jangan takut bermimpi kerana kejayaan berawal dari mimpi. Semoga menang dan impiannya tercapai. Memang tidak mudah meraih impian tetapi apabila ada keinginan, di mana-mana ada jalannya.
    Salam manis dan sukses selalu dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  4. Wow!! Keren banget, Mbak. Dulu pernah diajari teman untuk buat boneka handmade, pernah jualan juga secara offline waktu awal kuliah. Sekarang kayanya ilmunya sudah lenyap hahaha.

    Btw, Mbak Dina orang Bandung tho? Aku juga sudah 2 tahun ini tinggal di Bandung 😀

  5. Wah, keren! Semoga terwujud ya, Mbak. Sukses buat GA-nya 🙂

  6. Bonekanya lucu ya. Sayang ankku laki-laki.

  7. semoga segera terwujud mimpinya. apalagi udah punya ciri khas produk handmade-nya. makin puas dan bangga yaa 🙂

  8. Bonekanya lucuuuuuu ^^
    Semoga sukses dengan toko online-nya ya ^^
    Makasih sudah ikutan…

Leave a Reply

